top of page

Annual Golf Tournament - LCHH Group

Public·56 members
Fedor Ivankov
Fedor Ivankov

Contoh Soal Psikometri Pdf 12



Kemampuan spasial merupakan salah satu persyaratan tes psikologi terlebih ketika kamu melamar sebuah pekerjaan dalam bidang arsitek dan perencanaan maupun desain. Dalam soal psikometri ini terdapat beberapa gambar yang harus kamu jawab sesuai dengan alur atau pola dengan gambar pada pertanyaan.




contoh soal psikometri pdf 12


Download Zip: https://www.google.com/url?q=https%3A%2F%2Furlcod.com%2F2u3sWY&sa=D&sntz=1&usg=AOvVaw2m9CNVhyLvRKzqaNvsF3I0



Latihan tes psikometri online sebagai latihan untuk mengukur kemampuan spasial kamu dalam menghadapi ujian psikotes gambar di dunia kerja. Berikut cara menjawab soal psikometri pada contoh di bawah ini nanti:


Tes psikotes sendiri dapat diartikan sebagai evaluasi atau tes tertulis, verbal, dan visual yang dilakukan oleh ahli psikologi untuk menilai fungsi kognitif dan emosional seseorang. Tes psikotes memang membutuhkan ahli atau pemeriksa profesional sehingga setiap individu yang mengerjakan soal psikotes dapat dinilai dan ditafsirkan secara seksama.


Hal ini yang membuat belum tentu seseorang pelamar kerja dengan nilai akademik tinggi dapat begitu saja lolos tes psikotes. Dikarenakan, tes psikotes lebih mengarah pada ketahanan mental dan emosional individu dalam menghadapi soal-soal beragam. Potensi seorang individu dalam pekerjaan dapat diprediksi dari pengerjaan tes psikotesnya. Meski begitu, pengambilan keputusan tidak hanya berdasarkan pada hasil tes psikotes saja, tetapi juga dari hasil tes lainnya seperti wawancara.


Dalam proses rekrutmen, secara umum perusahaan akan melakukan tes psikotes untuk mengenal watak seseorang. Watak atau kepribadian ini biasanya meliputi kecakapan personal, perilaku, ketertarikan, preferensi individu, hingga tingkat intelejensinya. Tes-tes tersebut dilakukan dengan berbagai soal berbeda tiap perusahaan. Namun, berikut ini adalah 12 jenis contoh soal psikotes yang umum dipakai dalam seleksi kerja.


Tes kemampuan verbal secara umum adalah tes psikotes yang dilakukan untuk mengukur kemampuan pemahaman verbal seseorang. Tes psikotes jenis ini umumnya dilakukan dalam tes potensi akademik dengan metode pengelompokan kata, antonim, analogi, acak kata, dan sebagainya. Berikut ini adalah beberapa contoh tes kemampuan verbal:


Tes logika aritmatika merupakan jenis tes psikotes yang berupa deret angka yang harus dipahami polanya. Tes logika aritmatika juga seringkali muncul dalam tes potensi akademik, dan secara khusus biasanya diujikan pada calon karyawan pada bagian analis data hingga finansial. Berikut ini adalah contoh tes logika aritmatika,


Tes logika matematika merupakan tes psikotes yang berisi pertanyaan-pertanyaan berupa soal cerita dan ditujukan untuk mengetahui kemampuan berhitung seseorang. Logika matematika yang diujikan umumnya seputar kegiatan sehari-hari. Waktu pengerjaan yang terbatas membuat peserta tes psikotes jenis ini perlu mengelola waktu dengan baik. Berikut ini adalah contoh tes logika matematika,


Tes logika penalaran adalah jenis tes psikotes yang digunakan untuk mengukur kemampuan kecerdasan seseorang dalam penalaran logika dalam membentuk atau menemukan kesimpulan yang tepat dari sebuah soal. Tes penalaran logika merupakan salah satu tes dasar yang cukup sering digunakan dalam tes rekrutmen perusahaan. Adapun contoh tes logika penalaran ini adalah sebagai berikut,


Tes hafalan kata sebenarnya masuk dalam kemampuan memori verbal seseorang. Tes psikotes jenis ini secara umum bertujuan untuk pemecahan masalah lewat pengelompokan kata. Adapun contoh tes hafalan kata adalah sebagai berikut,


Tes Wartegg adalah jenis tes psikotes yang dipakai untuk menilai potensi psikologis seseorang. Tes psikotes jenis ini dilakukan dengan pengembangan gambar dengan coretan-coretan yang berasal dari respons peserta terhadap gambar tersebut. Dalam tes ini, peserta akan diberikan gambar dengan huruf A hingga H lalu kemudian diminta untuk melengkapi gambar tadi pada tiap kotaknya. Kombinasi dari kotak-kotak gambar ini yang nantinya akan dianalisis oleh pembuat tes. Di bawah ini adalah contoh tes Wartegg,


Salah satu tes psikotes yang umum saat rekrutmen kerja adalah tes menggambar manusia atau orang. Tes ini dilakukan untuk membantu psikolog dalam membaca kemampuan calon karyawan. Umumnya, penilaian tidak didasarkan oleh bagus tidaknya gambar tetapi seberapa detail gambar dan goresan yang dibuat peserta tes. Berikut ini adalah contoh tes gambar manusia,


Tes psikotes jenis House Tree Person Test (HTP) dilakukan sebagai teknik proyeksi yang dirancang untuk menentukan ciri-ciri kepribadian utama seseorang. Lewat tes ini nantinya hasil yang didapat oleh seseorang akan dievaluasi lewat proses wawancara kerja. Ketika menggambar, peserta tidak sadar akan memproyeksikan karakteristik dan sifat kepribadian utamanya ke selembar kertas. Oleh karena itu gambar-gambar kecil tadi begitu penting bagi penilai tes. Berikut adalah contoh tes HTP,


Tes Army Alpha merupakan tes psikotes yang dikembangkan tak lama setelah Amerika Serikat memasuki Perang Dunia I oleh Komite American Psychological Association (APA) dan inisiasi oleh Robert Yerkes sebagai kepala Psychological Examination of Recruits. Tes ini terdiri dari tiga tes intelijen yang dirancang untuk mengidentifikasi tingkat kecerdasan dan keterampilan verbal bagi setiap rekrutan. Tes ini terdiri dari 12 soal kombinasi deret angka, huruf, dan bentuk.


Itulah tadi 12 jenis soal tes psikotes beserta contoh-contohnya. Nah, sudah familiar bukan? Tentunya bagi kamu yang ingin melamar kerja di waktu dekat perlu untuk mempersiapkan diri mengenal berbagai jenis tes-tes psikotes ini. Dengan mengenalnya dan sedikit memahami konteks acuan yang dinilai dalam tes psikotes tertentu tentu kamu bisa mengukur dan mempersiapkan dirimu supaya dapat mengerjakan dengan baik.


12 Soal Latihan Psikotes Numerik Online Part II. Latihan soal psikotes berikut ini merupakan lanjutan dari 15 soal latihan psikotes numerik online part I (bagian I) yang sudah diposting sebelumnya dengan durasi pengerjaan 5 menit (300 detik).


Ini juga merupakan pembahasan pada soal psikotes numerik di postingan Download Soal Psikotes Numerik dan Jawabannya Pdf. Dalam soal psikotes numerik bagian ke-2 ini sama halnya seperti soal pertama yaitu mengenai matematika dasar yang terdiri dari pembagian, persentase, perkalian, pengurangan dan logika matematika.


Beberapa contoh soal psikotes dan pembahasannya sudah dibahas pada postingan contoh soal psikotes kerja dan jawaban. Kamu bisa men-download contoh soal psikotes tersebut sebagai referensi untuk persiapan menghadapi ujian psikotes kerja.


Selain tes psikotes numerik, kamu bisa dapat berlatihan soal-soal psikotes mengenai psikotes gambar, tes psikotes spasial yang dapat kamu kerjakan pada soal Latihan Tes Psikometri Online, Contoh Soal Psikometri.


Apa sih yang ada di bayangan kamu saat mendengar tes Literasi Bahasa Indonesia? Nggak hanya membaca teks, lho, di subtes ini kamu juga akan menemukan soal-soal yang menuntut kamu memahami poster hingga menganalisis informasi pendek yang disediakan. Hmm, seperti apa tuh contohnya? Yuk, kita lihat contoh soal Literasi Bahasa Indonesia UTBK-SNBT tahun 2023 berikut ini.


Berdasarkan teks pada soal tersebut dijelaskan pada paragraf 4, dengan adanya kebijakan penggunaan kantong plastik sekali pakai, kebijakan ini akan memukul industri dan berpotensi membuat sekitar 5.000 pekerja di pabrik plastik kehilangan pekerjaan. Dampak kebijakan ini akan meluas sampai ke industri bahan baku. Hal tersebut disebabkan dampak penurunan produksi di industri plastik.


Mudah dipahami kan guys? Nggak perlu takut atau panik, dengan banyak berlatih contoh soal Literasi Bahasa Indonesia UTBK-SNBT pasti kamu bisa lebih mudah untuk mengerjakannya di hari ujian nanti. Yuk, latihan lebih banyak soal dan uji kemampuan kamu dengan ikut tryout UTBK di ruanguji.


Kebanyakan pertanyaan soal ini disajikan dalam format pilihan ganda. Dalam soal seperti kedua contoh di atas, kamu harus cerdik mencari hubungan angka yang berada di kolom atau baris yang sama. Berikut contoh pemecahan soal psikotes numerik tabel:


Selanjutnya, ada soal psikotes kerja bernama Tes bahasa artifisial. Pada dasarnya, tes ini adalah penggunaan bahasa bermakna yang mengikuti pola tertentu. Tugas pengisi soal adalah memecahkan pola yang digunakan untuk mencari jawaban.


Jenis soal psikotes satu ini berfungsi untuk mengetahui seberapa percaya diri, stabilitas, dan tanggung jawab kamu dalam bekerja. Kamu akan diminta untuk menggambar seseorang dan mendeskripsikannya secara detail.


Penemu tes Wartegg adalah Ehrig Wartegg. Pada tes ini kamu akan menemukan soal psikotes dengan berbagai 8 pola kotak yang berbeda. Kamu akan diminta untuk sesuai dengan imajinasi kalian dengan pola tersebut.


Nah, itu dia 13 jenis soal psikotes yang seringkali muncul dalam rekrutmen calon karyawan. Usahakan untuk mengerjakan semua soal yang diberikan. Namun, dahulukan soal yang paling mudah untuk terlebih dahulu.


About

Welcome to the group! You can connect with other members, ge...

Members

bottom of page